-->

Kumpulan Situs Website Layanan Pengaduan Pemerintah dan Media Online Lainnya



Daftar Situs Layanan Pengaduan Online

 
Situs Pengaduan Online jika menyalahi aturan perundang-undangan untuk masyarakat. Bagaimana mekanisme pelaporan dugaan penyelewangan dana desa dan pemotongan hak perangkat desa oleh kepala desa? Ini merupakan pertanyaan-pertanyaan dari masyarakat yang sering menjadi dilemma.

Menjadi hak dan kewajiban bagi masyarakat untuk melakukan pengawasan terhadap proses pelaksanaan pembangunan di desanya. Untuk melaporkan adanya tindak dugaan penyelewangan dana desa dan pemotongan hak perangkat desa oleh kepala desa, masyarakat dapat mengambil langkah-langkah sebagai berikut : 

 
1)    Masyarakat dapat membuat pelaporan atau pengaduan kepada BPD setempat serta kepada Pemerintah Supra Desa (Kecamatan), mengenai obyek kegiatan serta perkiraan nilai kerugian yang diselewengkan.

2)    Dalam pelaporan ataupun pengaduan tersebut, perlu disertai dengan penjelasan konkrit mengenai obyek kegiatan yang menjadi dugaan tindak penyelewengan. Hal ini untuk menghindari persepsi bahwa laporan yang dilakukan hanya didasarkan atas informasi yang tidak utuh, atau praduga-praduga yang tidak berdasar. Oleh karena itu, disarankan kepada masyarakat desa, dalam menjalankan fungsi pengawasan pembangunan diwilayahnya, kiranya perlu mengedepankan upaya-upaya dialogis, dengan meminta penjelasan/konfirmasi mengenai indikasi terjadinya korupsi kepada pihak yang dicurigai terlibat melakukan tindakan penyelewangan tersebut.

3)    Dalam hal tidak ada tindaklanjut dari kedua lembaga dimaksud atas pelaporan yang telah dilakukan, maka masyarakat dapat menyampaikan dugaan penyelewengan dana desa serta pemotongan hak perangkat desa kepada Pemerintah Kabupaten, dalam hal ini Bupati cq. SKPD yang membidangi pembinaan penyelenggaraan pemerintahan desa, serta Inspektorat Daerah Kabupaten, atau jika memang masyarakat mempunyai bukti yang kuat dan dapat dipertanggungjawabkan dimuka hukum atas dugaan penyelewengan dana desa (korupsi) dimaskud, maka masyarakat berhak melaporkan oknum tersebut kepada pihak aparat penegak hukum atas proses tindak lanjut.

4) Pemerintah menaruh perhatian penuh terhadap praktik-praktik tindakan korupsi maupun pungli, karena hal itu berdampak pada kerusakan nilai-nilai sosial dan kepercayaan publik pada pemerintah. Oleh karenanya, agar setiap tindakan atau indikasi korupsi dapat ditangani dengan optimal, masyarakat dapat membantu dengan memberikan informasi serta dukungan bukti-bukti yang memadai terjadinya tindakan korupsi dimaksud

Dalam melaksanakan prioritas penggunaan Dana Desa, masyarakat Desa berhak menyampaikan pengaduan masalah-masalah tentang penetapan prioritas penggunaan Dana Desa kepada pihak yang berwenang. Lalu dimana sajakah masyarakat bisa menyampaikan laporan yang bersifat elektronik (surat elektronik) kepada pihak yang berwenang? Dibawah kami uraikan daftar link website untuk mengirim atau menyampaikan laporan tersebut.

DAFTAR LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT SECARA ONLINE UNTUK INSTANSI PEMERINTAH
c.    Lapor.go.id

f.     Kementrian Desa





DAFTAR LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT SECARA ONLINE ONLINE DI MEDIA ONLINE
1)    Tribunnews.com
2)    Beritasatu.com
3)    BeritaTagar ID
5)    Kontan.id
6)    infopublik.id



Anda mungkin menyukai postingan ini