-->

Cek Status Kepesertaan BANSOS Anda Sekarang!!!!


Cara Cek Data Penerima Bantuan Tunai Rp 600.000 dan Bansos Lainnya



Masa Pandemi COVID-19 mengharuskan Pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan tentang BLT yang diambil dari Dana Desa sebesar Rp. 600.000 perkeluarga. Namun alhasil banyaknya Pengaduan masyarakat akan program bantuan sosial (bansos) sifatnya Bantuan Langsung Tunai terus mendapatkan sorotan publik. Banyak masyarakat hingga pejabat yang mendapatkan kecaman terkait hal ini.

Terkait hal tersebut di atas Kementerian Sosial (Kemensos) telah menyediakan layanan pengaduan untuk permasalahan pada program bantuan sosial (Bansos) itu.

Adapun permasalahan yang dapat diadukan yang meliputi penyelewengan berikut ini: pungutan liar (Pungli) hingga ketidaktepatan sasaran alias salah sasaran yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa

Nah, Berikut ini cara yang sangat praktis bagi anda jika ingin Mengecek Data Peserta Penerima Bansos Covid-19. Silahkan Cek data Saudara apakah masuk dalam data Penerima bantuan Sosial tunai Rp 600.000 atau bantuan sosial lainnya.

Caranya sangat mudah saudara harus login di cekbansos.siks.kemsos.go.id
·         Pertama, Pilih ID kepesertaan yang diinginkan
·         Kedua, Masukkan nomor kepesertaan dari ID yang dipilih
·         Ketiga, Masukkan nama yang sesuai dengan ID yang dipilih
·         Keempat, Masukkan dua kata yang tertera dalam kotak captcha
·         Kelima, Klik cari

Lalu bagaimana caranya melaporkan adanya dugaan penyalahgunaan atau salah sasaran dalam penyaluran BLT COVID-19? Caranya sangat mudah dengan cara seperti dibawah ini:

·         Melalui nomor WhatsApp 08111022210 dan
·         Melalui email ke alamat bansoscovid19@kemsos.go.id.
·         Nama lengkap (spasi) Nomor KTP (spasi) Alamat lengkap (spasi) Isi aduan.

Perhatian:
Dalam tulisan di postingan tersebut dijelaskan bahwa, layanan WhatsApp tidak menerima telepon melainkan hanya pesan saja dan nomor tersebut tidak untuk melakukan pendaftaran penerima bansos Kemensos.

Anda mungkin menyukai postingan ini