-->

Cegah Korupsi dengan Strategi Sikho Soyo? Nias Selatan Punya!!!



https://worldcryptocurenccy.blogspot.com/search/label/Opini%20Milenial

Crypto Nias - Mencegah (penyakit) lebih baik daripada mengobati. Mencegah korupsi jauh lebih baik daripada membiarkan dan mengatasinya setelah korupsi itu terjadi. Sejalan dengan pemikiran penulis selama ini, strategi pencegahan jauh lebih efektif dan efisien daripada strategi penindakan (law enforcement approach).

Pemberantasan korupsi membutuhkan kesamaan pemahaman mengenai tindak pidana korupsi itu sendiri. Dengan adanya persepsi yang sama, pemberantasan korupsi bisa dilakukan secara tepat dan terarah. Agar pemberantasan berjalan lebih efektif, maka hendaknya ketiga strategi harus dilakukan secara bersamaan. 

Korupsi adalah tindak kejahatan luar biasa, yaitu perbuatan melawan hukum untuk memperkaya diri dengan cara menyelewengkan atau menyalahgunakan uang negara. Perbuatan korupsi jelas sangat merugikan masyarakat, bangsa, dan Negara. Dari pemberitaan media massa diketahui bahwa kasus korupsi di Indonesia jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun. Kita semua tidak menginginkan kasus korupsi terus meningkat. 

Meningkatnya kasus korupsi disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya rendahnya moralitas, tidak memiliki budaya malu, tidak taat pada hukum, tidak amanah, tidak jujur, dan lain sebagainya. Oleh karena itu diperlukan adanya langkah-langkah pusitif diantaranya adalah penyadaran dan pembinaan moralitas bangsa, sehingga penyelenggaraan Negara dapat berjalan dengan baik, yakni bersih dari tindakan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN).

Nias, Nias Selatan dalam hal ini Inspektorat Kabupaten Nias Selatan menggagas sebuah strategi pencegahan korupsi yang di beri nama nama/simbol Sikhá½… Soyo berdasarkan karakter budaya dalam penanganan pemasalahan.
 
Apa Defenisi Strategi?

Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu. ... Contoh berikut menggambarkan perbedaannya, "Strategi untuk memenangkan keseluruhan kejuaraan dengan taktik untuk memenangkan satu pertandingan".

Apa Itu Sikho Soyo?

Sikho Soyo (semut merah) merupakan semua serangga anggota suku Formicidae, bangsa Hymenoptera salah satu genus semut yaitu genus Solenopsis. Semut Merah hidup secara bergerombol dalam rangka untuk bertahan hidup, bertumbuh dan berkembang biak.

Mengapa Harus Strategi Sikho Soyo?

Strategi Sikho Soyo perlu kita dukung dalam upaya pencegahan korupsi dinias selatan, karena pada hakikatnya kehidupan sosial sikho soyo adalah memiliki prinsip yang :


Semut merah tidak pernah menyerah dalam menggapai tujuannya. Semut merah pantang menyerah sampai pada tujuanya. Sebagaimana upaya berbagai pihak menghalang-halangi dan berusaha untuk menghentikan langkah para semut merah, mereka selalu akan mencari jalan lain (solusi). Semut merah akan memanjat ke atas, menerobos ke bawah atau mengelilinginya. Semut merah terus mencari jalan keluar.
Suatu filosofi yang bagus, bukan? Jangan sekali-kali menyerah untuk menemukan jalan menuju tujuan Anda. Kita harus kuat tanpa menyerah untuk menjadi solusi positif yang bersifat membangun diatara sesama.


Semut saling menghormati sesama. Saling menyapa sebagai bentuk penghormatan kepada yang lain tanpa melihat besar kecil ukuran badan.  Nilai lain yang dapat diperoleh dari kebiasaan semut yang saling bersentuhan (mungkin dalam bangsa manusia, menegur atau bersalaman) jika bertemu, menandakan bahwa bangsa semut memiliki kepedulian dan keakraban yang tinggi. Semut merasa bahwa tidak ada yang berbeda di antara mereka. Dalam dunia kerja, sentuhan yang berarti 'care' memberi arti tersendiri bagi rekan kerja. Sikap ini dapat ditumbuhkan untuk menjaga kekompakan dan menumbuhkan iklim kerja yang kondusif.


Semut tidak pernah berhenti berusaha, seolah tidak mengenal rasa lelah. Semut sangat kuat mengangkat beban bahkan melebihi kapasitas. Kekuatan ini terpadu bersama secara alami, dengan penuh kesadaran bersama dan dan menyatu dengan sesama untuk bekerja.


Semut adalah binatang yang sangat bijaksana. Semut menyadari bahwa segala sesuatunya ada waktunya. Semut mengetahui ada waktu mengumpulkan makanan dan bekerja dan ada waktu istirahat. Semut menyadari pembagian musim sehingga perlu untuk membagi waktu bekerja.


Semut sangat mengkedepankan kerja sama dalam bekerja. Apabila semut menemukan remah kecil, maka ia akan mengundang kawan-kawannya untuk membawa remah tersebut dengan menggotongnya bersama. Tidak ada salah satu diantara mereka menyombongkan diri karena menemukan remah dan tidak juga membagakan diri karena bisa menggotong remah yang lebih besar.

Kerjasama yang murni tanpa paksaan dan tanpa syarat imbalan jasa. Kerjasama yang saling bahu membahu dengan penuh kesadaran diri mengangkat beban bersama dan menyelesaikan tugas dan tangungjawah secara bersama tanpa batas, tanpa imbalan, tanpa paksaan. Mereka strategis, bukan taktis dalam mencapai tujuan. Sebuah pembelajaran karakter yang sangat menggugah.


Semut terhadap aturan sangat loyal. Jika kita lihat kehidupan sosial semut, ketika mereka berjalan mencari dan mengantar makanan kesarangnya maka jalur yang mereka lalui akan tetap sama tanpa belok kiri kanan. Begitu juga dengan strategi sikho soyo, kita diajak dan ingin merubah moral seseorang untuk taat terhadap aturan yang berlaku di Republik ini.

Dari Filosofi semut dapat diteladani dalam dunia kerja dengan menjaga kerjasama, kekompokkan, saling peduli, kerja keras, inovatif dan disiplin, pantang menyerah, dan optimis memandang masa depan. Kerjasama tim atau Team work adalah bentuk keterampilan dan bakat individu yang saling melengkapi dan berkomitmen untuk mencapai visi misi atau tujuan bersama yang sudah disepakati sebelumnya agar tercapai efektif dan efesien. Kerjasama atau Team work merupakan peleburan berbagai macam karakter individu menjadi satu karakter agar tujuan bersama tercapai.

Strategi Sikho Soyo akan mampu merubah moral seseorang yang ingin berniat melakukan tindak pidana korupsi di nias selatan, disisi lain juga bahwa dengan kerjasama yang baik dari berbagai elemen masyarakat, Aparat Penegak Hukum, Pejabat Publik, Mahasiswa, bahkan Politisi yang Pro Rakyat, maka strategi pencegahan korupsi ini memberikan output cukup baik untuk rakyat nias selatan. Dan tentunya dengan dukungan yang luar biasa dari masyarakat dan pemerintah maka strategi ini dapat diperdakan atau diperbubkan untuk menjamin dan memberikan kekuatan hukum. 

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat… Dukung dengan cara Share diberbagai media social….

Anda mungkin menyukai postingan ini