-->

Strategi Politik untuk Memenangkan dalam Pemilihan Kepala Desa 2020




https://worldcryptocurenccy.blogspot.com


*Daftar Isi Desa Membangun*




 

Crypto Coin Nias – Pemerintah Desa atau yang disebut dengan nama lain adalah Kepala Desa dan Perangkat Desa sebagai unsur penyelenggara pemerintahan desa. Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang disebut dengan nama lain adalah lembaga yang merupakan perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa sebagai unsur penyelenggara pemerintahan desa. Pemerintahan desa dipimpin oleh seorang Kepala Desa. Kepala Desa adalah seorang tokoh di desa yang memenuhi berbagai persyaratan dan berhasil memenangkan pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Kepala desa dipiloih oleh rakyat Indonesia yang telah memiliki hak memilih secara langsung. Syarat dan tata cara pemilihannya diatur dalam peraturan daerah yang berpedoman oada UU No. 6 Tahun 2014 pasal 34.


Pemilihan Kepala Desa, atau seringkali disingkat Pilkades, adalah suatu pemilihan Kepala Desa secara langsung oleh warga desa setempat.Dimana secara tidak langsung arena pemilihan kepala desa juga digunakan untuk melaksanakan strategi politik untuk memenangkan dalam pemilihan kepala desa.


Sebelum masuk kestrategi politik dalam Pemilihan Kepala Desa maka perlu kita ketahui sebelumnya beberapa defenisi dari ilmuan yakni:

Menurut Arnold Steinberg (dalam Pito,2006:196) strategi adalah rencana atau tindakan. Penyusunan dan pelaksanaan strategi mempengaruhi sukses atau gagalnya strategi pada akhirnya. Jadi dengan kata lain strategi adalah suatu rencana yang dibuat oleh para pemimpin agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

Sementara itu Carl Von Clausewitz (dalam Pito, 2006:196-197), mengatakan bahwa perbedaan taktik dan strategi adalah, jikalau taktik adalah seni yang menggunakan “kekuatan bersenjata” dalam pertempuran untuk memenangkan peperangan dan bertujuan untuk mencapai perdamaian. Rencana jangka tersebut kita disebut dengan strategi. Dalam strategi ini, tujuan-tujuan jangka pendek dicapai melalui taktik, namun tanpa sebuah strategi taktik tidaklah berguna.

Dengan demikian strategi adalah suatu cara yang digunakan untuk memperoleh sesuatu yang ingin dicapai, atau proses penentuan rencana dari seorang pemimpin puncak atau ketuanya yang bertujuan pada jangka panjang, serta disertai dengan penyusunan suatu cara atau upaya agar tujuan tersebut dapat tercapai. Pengertian strategi secara khusus adalah strategi merupakan tindakan yang incrumental (senantiasa meningkat) dan terus menerus, serta dilakukan dari sudut pandang serta apa yang diharapkan oleh para pelanggan (masyarakat) dimasa depan. Dapat disimpulkan strategi adalah pendekatan dalam mengelola kegiatan, dengan mengintegrasikan komponen urutan kegiatan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan secara efektif dan efesien.

Politik dan strategi, adalah merupakan suatu mekanisme bagaimana seseorang atau kelompok dengan ide politik yang dipahaminya dapat memenangkan pertarungan politik, disaat banyak orang menghendaki hal yang sama. Jadi dengan kata lain Strategi politik adalah seni dan ilmu yang mengembangkan dan mengunakan kekuatan politik untuk mencapai tujuan politik yang telah ditetapkan dan merupakan suatu cara-cara seseorang atau kelompok untuk memenangkan suatu pertarungan politik.

Jadi strategi politik adalah suatu mekanisme atau cara yang digunakan oleh para pelaku politik atau para kontestan yang maju kedalam pemilihan agar dapat memenangkan dan dapat mencapai tujuan partainya atau individunya (dalam hal ini adalah suatu kemenangan didalam pemilihan).

Menurut Firmanzah ( 2007:123) mengatakan bahwa strategi politik adalah suatu pendekatan komunikasi politik perlu dilakukan oleh para kontestan atau bakal calon untuk dapat memenangkan pemilu. Para kontestan atau bakal calon perlu melakukan kajian untuk mengidentifikasi besaran pendukungnya, massa mengambang dan pendukung kontestan atau bakal calon yang lainnya. Identifikasi ini perlu dilakukan untuk menganalisis kekuatan dan potensi suara yang akan diperoleh pada saat pemilihan atau pencoblosan, juga untuk mengidentifikasi strategi pendekatan yang perlu strategi pendekatan yang diperlukan terhadap masing-masing kelompok pemilih.

Strategi perlu diperkirakan oleh setiap kontestan atau bakal calon kerena pesaing juga intens melakukan upaya-upaya untuk memenangkan dalam persaingan politik. Dipihak lain kedekatan idologis juga menjadi kekuatan untuk menarik pemilih kedalam bilik suara dan mencontreng atau mencoblos calon yang mempunyai idiologi yang sama, pemilih ini biasanya tidak mementingkan program atau visi dan misi dari kontestan atau calon yang akan maju pada pemilihan umum.

Berikut Strategi Politik untuk memenangkan dalam pemilihan kepala desa yang dapat anda lakukan:


https://worldcryptocurenccy.blogspot.com


1.    Bangun Political Marketing 

https://worldcryptocurenccy.blogspot.com/

Menurut Adman Nursal (dalam Pito, 2006:204) menyatakan bahwa
political marketing adalah strategi kampanye politik untuk membentuk serangkaian makna politis tertentu dalam pikiran para pemilih. Tujuan dari membentuk serangkaian makna politik tertentu agar para pemilih memutuskan atau memilih kontestan tertentu. Kemudian masyarakat akan menilai mana kontestan yang memiliki ciri khas dan mana yang tidak mamiliki serta mana kontestan yang mengerti dan sesuai dengan keadaan masyarakat.

2.    Bangun Image Politik


https://worldcryptocurenccy.blogspot.com/


Image politik dapat didefinisikan sebagai kontruksi atas representsi dan persepsi masyarakat (publik) akan suatu partai politik atau mengenai individu mengenai semua hal yang terkait dengan aktifitas politik. Image politik tidak selalu mencerminkan realitas objektif. Suatu image juga dapat mencerminkan hal yang tidak nyata atau imajinasi yang terkadang berbeda dengan kenyataan fisik.

Image politik dapat diciptakan, dibangun dan diperkuat.
Image politik memiliki kekuatan untuk memotivasi aktor atau individu untuk melakukan suatu hal. Disamping itu, image politik dapat mempengaruhi pula opini publik sekaligus menyebarkan makna-makna tertentu.

Image politik yang bagus dari suatu partai politik atau individu akan memberikan efek yang positif bagi pemilih guna memberikan suaranya dalam pemilihan umum. dengan kata masyarakat harus memiliki pesan dan persepsi yang bagus tentang partai politilk atau kontestan individu. Semakin bagus kesan yang dipersepsikan oleh masyarakat, maka semakin bagus juga image politiknya.



Baca Juga:


 

3.    Bangun Strategi Ofensif dan Strategi Defensif

https://worldcryptocurenccy.blogspot.com

Strategi ofensif dibagi menjadi strategi untuk memperluas pasar dan strategi untuk menembus pasar, sedangkan strategi defensif menyangkut strategi untuk mempertahankan pasar dan strategi untuk menutup atau menyerahkan pasar.

Strategi ofensif selalu dibutuhkan, misalnya saja apabila partai ingin meningkatkan jumlah pemilihnya atau apabila pihak eksekutif ingin mengimplementasikan sebuah proyek. Pada dasarnya strategi ofensif diterapkan pada saat kampanye pemilu harus menampilkan perbedaan yang jelas antara partai atau kandidat yang satu dengan partai atau kandidat pesaing-pesaing yang 19 menjadi target untuk diambil pemilihnya. Dalam strategi ofensif yang harus tampilkan adalah perbedaan keadaan saat berlaku dan keuntungan-keuntungan yang dapat diperoleh.

4.    Bangun Kampanye

https://worldcryptocurenccy.blogspot.com/

Lilleker dan Negrine (dalam Firmanzah, 2007:268) mengatakan bahwa: Kampanye politik adalah periode yang diberikan oleh panitia pemilu kepada para semua kontestan, baik partai politik atau perorangan, untuk memaparkan program-program kerja dan mempengaruhi opini publik serta memobilisasi masyarakat untuk memberikan suara pada saat pemilihan. Menurut Arnold Steinberg (dalam Pito, 2006:186) mengatakan bahwa kampanye politik modern : Kampanye politik modern adalah cara yang digunakan oleh para warga Negara dalam demokrasi siapa yang akan memerintah mereka, politik adalah praktek atau pekerkjaan dalam menjalankan urusan politik yaitu melaksanakan atau mencari kekuasaan dalam urusan pemerintahan.

Dari pendapat di atas dapat simpulkan bahwa kampanye politik adalah kegiatan yang dilakukan oleh para peserta pemilu dengan harapan masyarakat memilih dirinya pada saat pemilihan kerena melalui kempanya menyampaikan program kerja serta visi dan misi dari calon sehinnga masyarakat mengerti tujuan mereka ketika terpilih nanti. Kampanye politik merupakan suatu usaha yang terkelola, terorganisir, untuk mengihtiarkan orang yang dicalonkan, dipilih atau dipilih kembali dalam suatu jabatan resmi serta didalamnya tidak ada paksaan.


Strategi Politik Pemilihan Kepala DesaDemikianlah beberapa Strategi Politik untuk memenangkan dalam pemilihan kepala desa yang dapat anda lakukan namun dari keempat Strategi yang sudah dibahas semuanya tergantung dari nasib seseorang dan pastinya dengan menggunakan Strategi Komunikasi Politik Calon Kepala Desa Dalam Pemilihan Kepala Desa dan. simpati masyarakat guna memenangkan perolehan suara dalam Pilkades.
.


Kata Kunci:

Anda mungkin menyukai postingan ini