Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat dan Tujuan SAIL NIAS 2019 untuk Kepulauan Nias - Sail Nias 2019 Bakal Digelar Juli-September


JANGAN SAMPAI KETINGGALAN
SAKSIKAN DAN SUKSESKAN SAIL NIAS 2019



Yaahowu!!! Hai semuanya, siapa yang tidak kenal dengan Pulau Nias? Pulau Nias atau Ono Niha merupakan salah satu kepulauan kecil yang berada di wilayah Sumatera Utara.  Walaupun demikian, pulau Nias kecil-kecil cabe rawit lho hehehe. Maksud mimin bukan cabe beneran ya ntar mikirnya cabe-cabean lagi xixixi, jadi maksudnya adalah Pulau Nias itu punya wisata alam yang luar biasa, baik itu dari segi Budaya, Adat Istiadat, Pantai, Pegunungan dan masih banyak lagi. Nah sebelum kita membahas tentang apa itu Sail Nias 2019 dan apa maksud dan tujuannya, yukk simak dulu terlebih dahulu beberapa kegiatan budaya dan wisata yang memanjakan mata hehe….
Soal budaya, hhmm siapa yag tidak kenal dengan budaya Pulau Nias? Indonesia bahkan mancanegara pun  sudah tidak asing lagi dengan Pulau Nias ini. Misalnya saja soal Jump Stone (Hombo Batu) yang aksi budaya satu ini sangat ekstrim hamper seluruh kaum adam masyarakat kepualauan nias dapat melakukan jump stone ini, kenapa tidak ini kan udah budaya sendiri hehe. 


Lanjut soal wisata kebudayaan Pulau Nias misalnya nih soal Tari Moyo, Tari Maena, Tari Perang (Faluaya), waoow aksi yang satu ini juga tidak kalah keren lho dibanding dengan Jump Stone, kenapa? Karena gaya serta atribut yang dipakai sangat seram contohnya dari peralatan perang yaitu Tombak Asli, Pedang Asli (Tologu) baju yang di pakai ada yang terbuat dari Seng, Serabut kelapa dan dari bahan logam lainnya. Waaoooww super bukan heheh


Lalu kemudian soal wisata alam misalnya pantai Sorake dan Lagundri yang sudah tidak asing lagi bagi para Tourits karena dipantai ini memiliki ombak yang cukup besar sehingga memicu adrenaling/menantang para surf untuk menaklukannya. Owh iya guys, ombak di pantai ini termasuk ombak terbesar didunia lho… 


Baca Juga: Belanda & Jepang Lewat! Nias Bukan Kaleng-Kaleng
 


Nah, sekilas tentang Pulau Nias walaupun masih banyak destinasi wisata yang bisa anda kunjungi di Nias misalnya saja Air Terjun di daerah Gomo, Teluk Dalam. Untuk para pendaki Gunung anda bisa kunjungi didaerah Lolomatua dan Hilisimaetano (Ikhu Laoyo atau Hiliamaegila).
Sebelum membahas tentang event-event yang akan  ditampilkan di Kegiatan SAIL NIAS 2019 ada baiknya kita simak dulu apa itu Sail Nias dan apa  maksud dan tujuan dari kegiatan ini:

Apa sih itu Sail Nias? 


Sail Nias 2019 Merupakan event tahunan Pemerintah Pusat yang dilaksanakan di daerah Kepulauan dan tertinggal, Sail Nias merupakan Sail Indonesia ke 11 yang diadakan di Kepulauan Nias.

Apa sih tujuan dari Sail Nias 2019 itu?

1.   Membuat model percepatan pembangunan di lokasi penyelenggaraan Sail
2. Menggalang keterpaduan dan sinergitas program dan anggaran lintas Kementrian dan Lembaga.
3. Mempromosikan lokasi kegiatan sebagai tujuan wisata nasional dan internasional
4.   Mengembangkan rute pelayaran kapal kapal dan Yacht ke perairan Indonesia
5.   Momentum strategis jadi tujuan wisata dunia
Dalam pemaparan narasumber dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Asrul,S.Pi., menjelaskan tujuan pelaksanaan Sail tersebut adalah sebagai salah satu upaya percepatan pembangunan daerah kepulauan dan daerah terpencil. Kemudian menggalang keterpaduan, sinergi program dan anggaran listas Kementerian/Lembaga dan Daerah dalam rangka pelaksanaan pembangunan serta mewujudkan kesejahteraan rakyat secara berkelanjutan.

Selain itu, tujuan lainnya adalah mempromosikan lokasi kegiatan sebagai tujuan wisata nasional dan internasional, serta mengukuhkan kembali kejayaan bangsa Indonesia sebagai bangsa bahari yang hidup di Negara Kepulauan, dan mengembangkan rute pelayaran kapal-kapal ke perairan Indonesia, kata Asrul,S.Pi., selaku narasumber yang mewakili Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Selanjutnya, ia menjelaskan beberapa fase kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Sail itu meliputi rangkaian persiapan kegiatan, dan pelaksanaan pembangunan di berbagai sektor termasuk sosialisasi kepada masyarakat untuk menyambut Sail tersebut.

Sementara kegiatan puncaknya mencakup antara lain seremonial, gelar budaya, pameran, bhakti sosial dan pelayanan kesehatan, atraksi kelautan dan peresmian beberapa pelaksanaan pembangunan. Kemudian kegiatan pasca Sail adalah melakukan keberlanjutan pembangunan, dan menikmati pembangunan itu secara optiomal. Demikian paparan Asrul,S.Pi., sembari mengatakan bahwa sebelum pelaksanaan Sail akan dilakukan beberapa pertemuan dan pengecekan lokasi oleh Kementerian dan Lembaga terkait untuk mengecek persiapan.
Jadi untuk teman-teman semua yang ingin menyaksikan secara langsung dan gratis tentang budaya dan destinasi wisata di Nias tepatnya Nias Selatan yukk ikutan Sail Nias 2019 dengan tema “Nias Menuju Gerbang Destinasi Wisata Dunia” yang akan di selengarakan di kepulauan Nias Sumatera Utara.

Sail Nias 2019 ini akan menghadirkan berbagai event yang seru dan menampilkan keindahan pulau Nias. Apa saja :

1.  Internasional Seminar on Nias Heritage dan Festival Kopi dan Kuliner (5 - 6 September 2019)
2.   Free Diving Competition (9 – 10 September 2019),
3.   Beach Volley Ball International Tourment Sail Nias (9 – 13 September 2019) dan
4.   Fishing International Sail Nias 2019 (11 – 15 September 2019)
5.   Wonderfull Underwater Photo Contest Sail Nias 2019 (5 – 11 September 2019),
6. Marathon 10K dan Festival Layang-layang dan Final Aekhula Voice (8 September 2019)

Berikutnya,
1.   Surya Bhaskara Jaya, Pelayaran Lingkar Nusantara dan Diplomatic Tour (13 – 15 September 2019) penanggungjawab TNI-AL dan Kementerian Luar Negeri,
2.   Kejuaraan Surfing International WSL Nias Pro 2019 (11 – 15 September 2019),
3.   Sail Nias Wonderful Expo & Wonderful Photo Contest 2019 (11 – 14 September 2019),
4.   Yacth Raily (April – Juli 2019), dan
5.   Festival Budaya Kepulauan Batu (15 September 2019) penanggungjawab Pemerintah Kabupaten Nias Selatan.
                                       
Selanjutnya,
1.   Nias 1000 Tenda (11 – 15 September 2019) penanggungjawab Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, dan
2.   Acara Puncak Sail 2019 adalah Festival Lompat Batu se-Kepulauan Nias 2019,
3.   Parade Kapal Nelayan Tradisional, Demo Udara dan Terjun Payung (14 September 2019) penanggungjawab Panitia Nasional dan Daerah.


Dan masih banyak lagi event-event seru dan menarik yang bisa diikutin. Pembukaan Sail Nias akan diadakan di Nias selatan pada September mendatang. Jadi jangan sampai kelewatan ya!

Nah, buat teman-teman semua yang ingin ikut menyaksikan secara langsung dan gratis penampilan budaya dan wisata yang diadakan di Pulau Nias tepatnya Kabupaten Nias Selatan, yuk siap-siap untuk join bersama masyarakat Pulau Nias.
Nah untuk Masyarakat Pulau Nias terutama Daerah Kabupaten Nias Selatan ayokkk mari kita bersama-sama baik itu dari pihak pemerintah maupun masyarakat untuk bergandeng tangan dalam mensukseskan penyelenggaraan SAIL NIAS sebagai salah satu Agenda Nasional yang dipusatkan di Nias Selatan. Karena dengan demikian akan menjadi keutungan bagi kita masyarakat dan menjadi salah satu sarana kemajuan daerah kita…dan kita harus bangga lho karena tahun ini Kepulauan Nias ditunjuk sebagai tuan rumah dan penyelenggaranya... Bravo Nias Island


Share Artikel Ini Kepada Teman, Kerabat Dan Keluarga. Yaahowu!!!!! Salam Sukses Sail Nias!!!

TAG: sail nias 2019, acara sail nias 2019, launching sail nias 2019, sail nias 2019 kapan, Sail Nias 2019 Siap Bangkitkan Wisata Bahari Sumut, Sail Nias 2019, Ini Daftar Objek Wisata Istimewanya, Nias Selatan Jadi Tempat Pembukaan Sail Nias 2019, Sail Nias 2019 Diharapkan Bermanfaat Bagi Masyarakat, Sail Nias 2019 momentum kebangkitan destinasi wisata bahari dunia, Sail Nias 2019 Bakal Digelar Juli-September.

close